Anak Bermain Gadget Kartun

Anak Bermain Gadget Kartun

Di setiap kali Kayla meminta gadget kepadaku, aku mencoba menerapkan teknik tersebut. Saat Kayla meminta gadget, aku akan menanyakan terlebih dahulu apa yang dia lakukan dengan gadget itu. Apakah kan bermain video game atau menonton serial kartun atau menonton video-video pendek secara acak. Saat kayla tahu secara persis apa yang akan dia lakukan. Aku akan mengatakan padanya, apakah bersedia untuk tidak melakukan atau mengakses aplikasi dan konten selain yang telah dia sebut diawal. Sampai tahap itu, aku dan Kayla setidaknya telah memiliki satu kesepakatan yaitu Kayla hanya boleh mengakses apa yang ia mintakan izinnya.

Sudah sangat umum, kita mendapati fenomena anak usia dini bermain smartphone. Anak bermain gadget dengan durasi tak terbatas. Konten-konten yang diakses anak lepas dari pengawasan orang dewasa. Menghadapi kondisi seperti itu tak sedikit orang tua yang mulai kewalahan. Merasa habis akal untuk menertibkan anaknya yang berlebihan bermain gadget.

Hal demikian dialami banyak orang, keponakanku pun mengalaminya, Kayla Sabrina Bashir. Kayla salah satu dari banyak anak yang belum bisa tertib waktu saat bermain gadget. Bahkan terkadang Kayla bisa bermain dan akan berhenti hanya ketika baterai gadgetnya habis. Saya, nenek Kayla, dan tantenya sudah mencoba untuk mengingatkan agar menghabiskan sedikit waktu saja ketika bermain gadget. Bahkan sudah beberapa cara dilakukan, seperti membuat tipuan mata berdarah karena bermain gadget, mengancam membatalkan janji untuk membelikan mainan baru, menghentikan paksa dan merebut gadget dari tangannya, dan lainnya.

“Key.. udahlah nak main HPnya!,” seru tantenya.

Kayla pun tak bergeming, hening tak memperdulikan.

“Kayla!! Udahlah,” pekik tantenya.

“Orang baru bentar pun,” Jawab Kayla sambil mengerut.

Tante dan neneknya mulai kehabisan akal menghadapi situasi itu, sehingga nenek dan tante justru makin lama makin tak bersemangat dari upayanya. Tak jarang karena perasaan kesal atas kegagalan menertibkan. Nenek dan tante Kayla justru melarang bermain gadget dengan emosi tak terarah. Kayla pun menjadi merasa dihakimi atas itu. Ia akan merasa dirampas kebebasannya bermain gadget, sehingga ia akan melakukan apa pun untuk mempertahankan kesenangannya. Terkadang Kayla mengumpat karena gadgetnya diambil paksa atau membasti benda-benda yang ada di dekatnya.

Melihat kenyataan itu, saya teringat pada teknik-teknik parenting yang pernah saya pelajari melalui sosial media, seminar, maupun buku. Khususnya teknik untuk menertibkan anak. Ialah teknik menertibkan dengan membuat kesepakatan dengan anak sebelum melakukan aktivitas. Dalam kasus Kayla secara khusus aku menerapkannya pada upaya mendisiplinkan durasi bermain gadgetnya, guna waktu bermainnya tidak berlebihan dan konten yang diakses dapat dikontrol.

Setelah kami memiliki satu kesepakatan, sayya tak serta merta memberikan gadget yang dimintanya. Saya masih berusaha mendapatkan kesepakatan berikutnya, yaitu kesepakatan waktu penggunaan. Pada tahapan ini, saya sudah mengambil gadget dan menampilkan pada Kayla gadget yang ia minta, lalu mengajaknya untuk melihat jam dinding. Disana saya meminta Kayla menyebutkan posisi jarum panjang jam di posisi angka berapa. Setelah ia mampu menjawab, barulah saya tanyakan padanya ingin bermain gadget sampai jarum panjang jam berada di posisi angka berapa. Jika jawaban kayla terlalu lama, maka saya akan menawarnya dan begitu juga sebaliknya hingga kami bersepakat. Di tahap itu, saya dan Kayla menghasilkan beberapa kesepakatan. Satu durasi yang boleh ia pakai untuk bermain gadget. Kedua, selama durasi waktu yg disepakati saya tidak akan mengganggu atau menghentikan ia dari bermain gadget.

Tentu saya sebagai “orang tua” harus mampu memegang kesepakatan, agar anak juga mendapat tauladan. Ternyata dengan teknik itu, saya bisa leboh mengontrol emosi, dan bahkan menahan untuk melakukan tipu-tipuan untuk menertibkan Kayla bermain gadget. Kayla pun demikian. Ia juga tidak lagi bersikap tantrum, marah-marah atau berontak seperti sebelumnya. Bahkan tidak lagi membanting benda di dekatnya saat saya menghentikan dia bermain gadget. Itu semua karena kesepakatan yang kami buat, sebelum  Kayla bermain gadget.

Dalam upaya menertibkan anak yang bermain gadget tak terkontrol, salah satu teknik parenting dengan menggunakan “Kesepakatan” bersaman dengan anak, ternyata terbukti mampu mengendalikan Kayla dalam bermain gadget dan membuat saya sebagai “orang tua” mudah mengendalikan situasi yang dialami Kayla dan juga sekaligus memberikan dampak positif pada perkembangan emosinya. Karena di momen saya mengajaknya membuat kesepakatan, ia punya ruang untuk bicara dan bersepakat dengan orang yang lebih dewasa dari dirinya.

Dalam penerapan teknik tersebut, saya harus bisa konsekuen dengan kesepakatan yang ada, agar anak bisa memiliki kesadaran akan aturan bermain gadget. Anak juga akan punya role model dalam membangun kedisiplinan dan tanggung jawab. Anak akan memiliki kesempatan terhubung lekat dengan orang tua, saat orang tua mau duduk dan mau mendengarkan anak.

Best Practice Parenting, Arbi zulham.

#Literasi #keluarga #anakmainhp #gadgetanak #parenting #digital

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sejumlah anak bermain game online bersama melalui Handphone, di Gang Babakan, Kel. Gegerkalong, Kota Bandung, Rabu (14/7/2021). Fenomena anak kecanduan gadget baik bermain game online ataupun bersosial media hingga lupa waktu bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak, serta peran penting perhatian orang tua dalam membatasi anak bermain gadget. (foto : eci/pasjabar)

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our

Selanjutnya, tips mudah yang ketiga untuk membatasi anak bermain gadget ialah dengan memberi contoh dari perilaku orangtua terhadap anaknya. Sebagai agen sosialisasi yang pertama, anak akan mengalami proses ‘meniru’ dari perilaku orangtua. Maka dari itu, jika orangtua menginginkan agar anak bisa berhenti atau mengurangi penggunaan gadget, orangtua perlu mencontohkannya terlebih dahulu.

Apa yang dilakukan orangtua dan dilihat oleh anak biasanya akan ditiru dan dianggap sebagai sesuatu yang boleh dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua memberikan contoh yang baik terlebih dahulu, dimulai dari tidak menggunakan ponsel secara sering di rumah.

©2024 iStockphoto LP. Desain iStock adalah merek dagang iStockphoto LP.

Para Pejuang Indonesia Membawa Bambu Runcing Melawan Penjajah

©2024 iStockphoto LP. Desain iStock adalah merek dagang iStockphoto LP.

©2024 iStockphoto LP. Desain iStock adalah merek dagang iStockphoto LP.

Hanya terisolasiMengecualikan Terisolasi

©2024 iStockphoto LP. Desain iStock adalah merek dagang iStockphoto LP.

Konten baru

Naga Bola

Naga Bola

Naga, dalam berbagai peradaban dikenal dengan nama dragon (Inggris), draken (Skandinavia), Liong (Tiongkok), dikenal sebagai makhluk superior yang berwujud menyerupai ular, kadang bisa menyemburkan api, habitatnya di seluruh ruang (air, darat, udara). Meskipun penggambaran wujudnya berbeda-beda, tetapi secara umum spesifikasi makhluk tersebut digambarkan sebagai makhluk sakti.

Situs Hl8

Situs Hl8

Nếu quý khách cần hướng dẫn kỹ thuật hoặc hỗ trợ trực tuyến bằng phương thức trò chuyện hoặc chat trực tuyến, quý khách có thể liên hệ trực tiếp bằng cách bấm vào cửa sổ chat hoặc trò chuyện trực tuyến trên trang web của chúng tôi hoặc trên ứng dụng W88top Mobile.

Situs 200

Situs 200

Nguyên tắc điều trị và lưu ý khi dùng thuốc điều trị Covid-19 tại nhà

Rumah 777

Rumah 777

Welcome to queen 777, your one-stop online casino destination in Philippines for thrilling queen 777 experiences. queen 777 is licensed and regulated, ensuring a safe and secure environment for all our users. queen 777 also offers a wide variety of games, including live casino, slots, fishing, sports, and table games, suitable for all kinds of players.

Danau89

Danau89

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan, pemasaran dan distribusi fast moving consumer goods (FMCG).

Tangga Km

Tangga Km

Usahawan kontroversi Kak KM tidak peduli apabila ramai yang melabelkan suaminya sebagai seorang yang 'takut bini' selain menyifatkan Kak KM dominan dalam rumah tangga.

12 Romawi

12 Romawi

Terakhir ada Hephaestus. Dalam mitologi Yunani, ia dikenal sebagai dewa pandai besi. Namun di kalangan masyarakat Romawi, Hephaestus adalah Vulcan, dewa api. Ia bertanggung jawab akan gunung berapi dan peristiwa kebakaran yang ada di Bumi.

369 Judi

369 Judi

Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.

Juara 288

Juara 288

Belanja di App banyak untungnya:

88 Bola

88 Bola

Your current plan allows analytics for only 5 channels. To get more, please choose a different plan.

Rumah Elsa

Rumah Elsa

Belanja di App banyak untungnya:

Deskan

Deskan

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan, pemasaran dan distribusi fast moving consumer goods (FMCG).

303Lapak

303Lapak

Last updated: Jun 29, 2024

Markas 138

Markas 138

0%0% menganggap dokumen ini bermanfaat, Tandai dokumen ini sebagai bermanfaat

Kopi 77

Kopi 77

KOPI TROY 80 STAMINA PRIA WANITA VITALITAS TAHAN LAMA PER 1 SACHET

Situs K9

Situs K9

K9 MAXWIN ialah situs slot gacor hari ini terpercaya yang telah bekerjasama dengan berbagai jenis provider ternama dan terkemuka dimana banyak sekali permainan terbaik dan terbaru yang telah disediakan oleh situs slot gacor terbaru dari situs K9 MAXWIN terpercaya 2024.

Rumah 777

Rumah 777

Welcome to queen 777, your one-stop online casino destination in Philippines for thrilling queen 777 experiences. queen 777 is licensed and regulated, ensuring a safe and secure environment for all our users. queen 777 also offers a wide variety of games, including live casino, slots, fishing, sports, and table games, suitable for all kinds of players.